Selasa, 22 Juli 2014


Tentunya kita sering kali mendengar kata Istiqomah dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini memang sangat mudah sekali diucapkan, namun sangat tidak mudah untuk dilaksanakan atau diamalkan.
Nah, mungkin ini ada sedikit cerita tentang keistiqomahan seorang istri dengan mengucapkan kata "Basmalah" dalam setiap aktivitasnya.

Ceritanya teh begini :
Pada waktu dulu entah kapan waktunya, ada sebuah kisah keluarga dimana seoramg istri dari keluarga tersebut ada suatu kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dalam kehidupannya, yaitu mendawamkan lafadz "Bismillaahir Rohmaanir Rohiim". Pada saat bangun tidur, tidak lupa ucap basmalah. Pada saat akan berpergian, dia ucap basmalah. Pokonya, dalam setiap aktivitas yang sering dia lakukan, dia tidak lupa untuk selalu membaca basmalah. Sampai suatu saat, sang suami pun merasa heran. Terkadang, dia merasa kalau istrinya sedikit aneh. Kalau bahasa kitanya mah, (apa-apa ko sering baca basmalah).

Pada suatu waktu, sang suami baru pulang kerja dan baru saja mendapatkan upah atau gaji kerjanya. Dan, upah kerjanya itu dia berikan semuanya pada istrinya. "Ini upah kerja ku untuk bulan ini, tolong jaga baik-baik ! jangan sampai hilang." kata sang suami. "Bismillaahir Rohmaanir Rohiim, iya A terima kasih atas usaha dan kerja keras Aa selama ini. Saya akan menjaganya baik-baik." jawab sang istri. Akhirnya, uang itu diambilnya oleh sang istri. Dan sang istri pun menyimpan uang itu ditempat biasanya, yaitu dalam lemari.

Nah, beberapa waktu kemudian sang suami mulai deh ada pikiran untuk sedikit usil pada sang istri. Akhirnya, dia pun mulai merencanakan suatu cara supaya sang istri itu tidak melakukan membaca basmalah lagi. Dan cara itu pun langsung terpikirkan olehnya. "Mungkin, saya harus menyembunyikan uang yang telah dia simpan dalam lemari itu. Kalau begitu, mungkin dia akan mulai panik dan kata yang keluar pun bukan lafadz basmalah lagi." gumam sang suami.

Keesokan harinya, saat sang istri sedang keluar rumah, sang suami ini mulai melakukan aksinya. Dia mengambil uang yang ada di lemari itu, dan membuangnya kedalam sumur rumahnya. "hehe, mungkin dengan begini, rencana ku akan berhasil." kata sang suami. Tak lama pun sang istri pulang ke rumah. Setelah pulang, sang suami pura-pura menanyakan uang yang telah disimpan oleh istriya itu. Dia pura-pura ingin memebeli sesuatu dengan uang itu. Akhirnya, sang istri pun masuk ke dalam kamarnya. Saat dia akan membuka lemari itu, "Bismillaahir Rohmaanir Rohiim", maka uang itu secara ajaib ada di dalam lemari itu. Dibawakannya uang itu pada suaminya. Melihat kejadian itu, sang suami pun merasa bingung dan heran. Kenapa uang yang telah dia lempar ke dalam sumur itu bisa berada di dalam lemari lagi.

Akhirnya, sang suami pun meminta ma'af pada istrinya tentang apa yang telah dia lakukan padanya. Dia pun menceritakan semua yang telah terjadi. Kemudian, sang istri pun mema'afkannya dan memberikan sedikit nasihat pada suaminnya bahwa yang bisa dia lakukan hanyalah melakukan hal yang kecil untuk bisa selalu beribadah pada Allah. Dia hanya bisa mendawamkan lafadz Basmalah dalam setiap aktivitasnya. Akhirnya, sang suami pun mengerti dan dia sudah terbiasa dengan apa yang dilakukan oleh istrinya dan menyuruh istrinya untuk selalu mendawamkannya.


Subhaanallah... :)
Hanya karena amalan kecil yang sering dia dawamkan setiap waktu, akhirnya Allah pun selalu menjaganya.
Mudah-mudahan, kita pun senantiasa selalu di jaga oleh Allah. Aamiin..

#yu ah, kita belajar dari sekarang untuk mengamalkan suatu amalan secara terus menerus, walaupun amalan itu terlihat kecil dan enteng di mata kita, tapi mudah-mudahan besar di mata Allah! Yu kita saling berlomba dalam kebaikan dan ketaqwaan.

Hatur Nuhun... :)

0 komentar:

Posting Komentar