Jumat, 10 Oktober 2014

Pada hari Kamis kemarin tanggal 09 Oktober 2014, sekitar pukul 02.00 siang IBM Indonesia bersama komunitas Codepolitan berkunjung ke Universita Pendidikan Indonesia dalam rangka memperkenalkan IBM Bluemix. IBM Indonesia sendiri diwakilkan oleh salah satu dutanya yaitu Marisa, atau biasa juga dipanggil Teh Icha yang memaparkan secara terperinci mengenai Bluemix.

IBM Bluemix adalah layanan cloud computing terbaru yang dikembangkan oleh IBM. Teh Icha menjelaskan bahwa cloud computing akan menggantikan convensional computing karena berbagai faktor. Faktor tersebut adalah mahalnya biaya penyediaan perangkat, yang terdiri dari server, middleware, networking, OS, data, kode, dll. Belum lagi mengenai dana yang harus dikeluarkan untuk menyediakan perangkat tersebut. Cloud computing hadir untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Cloud computing sendiri dibagi atas 3 bagian besar menurut layanan yang diberikannya :
  1. IaAS yaitu Infrastructure as A Service, dimana penyedia layanan menyediakan infrastruktur yang kita perlukan untuk membangun sebuah sistem, seperti server, jaringan, dll.
  2. PaAS, yaitu Platform as A Service. Selain menyediakan infrastruktur, PaAS menyediakan juga sistem operasi untuk mendukung pembuatan sistem yang diinginkan.
  3. SaAS yaitu Software as A Service, yaitu layanan yang menyediakan infrastruktur, platform, dan perangkat lunak yang bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan.

Dari pemaparan di atas, Bluemix hadir sebagai PaAS yang baru dan lengkap. Bluemix memiliki beragam fitur yang tentunya akan membantu kita dalam mengembangkan aplikasi, khusunya web.
Berikut adalah fitur-fitur dari Bluemix:
  • Terdapat pilihan runtime yang lebih banyak daripada hosting biasa.
  • Sebagai platform yang mudah digunakan, bahkan untuk pengembang-pengembang pemula.
  • Multiplatform, didukung oleh bermacam sistem operasi.
  • Dapat membuat monitor untuk aplikasi sesuai dengan kustomisasi yang dibutuhkan.
  • Mudah untuk mengembangkan kode program, baik offline maupun online.
  • Memiliki standar CloudFoundry untuk pengembangan aplikasi yang lebih luas.

Untuk harga layanan Bluemix, IBM menawarkan kustomisasi harga sesuai dengan layanan yang kita pakai. Jadi pengguna layanan yang satu dengan yang lain akan berbeda sesuai dengan tujuan aplikasi.

Segini, tulisan yang bisa saya buat sekarang. Kurang lebihnya mohon ma'af !


Terima Kasih,

0 komentar:

Posting Komentar